Obat Kencing Manis Dari Herbal Alami Yang Banyak Dicari

Mengatasi Penyakit Kencing Manis Secara Alami

kencing manis atau yang juga disebut sebagai diabetes merupakan penyakit kelainan insulin yang disebabkan oleh kadar gula darah yang berlebih. Penyakit diabetes sendiri dibagi ke dalam 2 tipe, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 merupakan tipe diabetes yang paling sering diderita oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Umumnya pada mereka yang memiliki usia  35 tahun ke atas. Namun seiring berjalannya waktu, diabetes atau penyakit kencing manis juga diderita oleh mereka yang berusia 20an. Penyebab utamanya adalah karena pola hidup yang tidak sehat, makan tidak teratur dan jarang berolahraga. Diabetes tipe 2 tidak akan memunculkan gejala apapun sampai akhirnya Anda megetahui dari hasil diagnosa yang diberikan oleh dokter. Oleh karena itu, Anda harus sangat waspada sekali terhadap penyakit jenis ini.

Diabetes digolongkan ke dalam salah satu penyakit yang berbahaya karena dapat menimbulkan komplikasi. Dalam beberapa keadaan diabetes dapat menyebabkan seseorang meningggal. Di Indonesia salah satu dari sekian banyak penyakit yang memiliki angka tertinggi sebagai penyebab kematian adalah diabetes. Sebenarnya tidak hanya di Indonesia saja penyakit diabetes dianggap sebagai momok yang mengerikan. Di negara-negara barat seperti Amerika, diabates juga sangat ditakuti. Kebanyakan orang akan melakukan berbagai cara agar terhindar dari penyakit ini. Dari mulai mengurangi mengkonsumsi gula dan makanan manis, mengganti konsumsi nasi putih menjadi beras merah dan rajin berolahraga. Sebenarnya jika Anda selalu aware terhadap kesehatan dan menjaga pola hidup sehat, penyakit kencing manis atau diabetes ini tidak akan mudah menyerang.

Penyebab Penyakit Diabetes

Diatas sudah sedikit dijelaskan bahwa salah satu penyebab penyakit diabetes adalah karena pola hidup yang tidak sehat. Disini akan dibahas beberapa kebiasaan tidak sehat yang berpotensi menyebabkan timbulnya penyakit kencing manis.

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis

Faktor yang pertama ini tentunya sangat jelas sekali menjadi pemicu utama timbulnya penyakit diabetes. Tingginya asupan gula yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan kadar glukosa dalam darah juga ikut melonjak naik. Selain itu asupan gula yang berlebihan juga dapat menyebabkan tingginya kalori dalam tubuh. Bagi Anda yang mungkin sering mengkonsumsi teh manis, mungkin bisa sedikit demi sedikit menguranginya. Segelas teh manis rata-rata mengandung 250-300 kalori. Jumlah rata-rata kalori yang dibutuhkan oleh wanita dewasa perharinya adalah 1.900 kalori. Jika dari teh manis Anda sudah mendapatkan sekitar 1200 kalori dan belum lagi ditambah konsumsi nasi 3 kali sehari serta makanan manis lainnya. Maka berapa jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh ? Terlalu bayak kalori akan menyebabkan naiknya kadar gula darah di dalam tubuh. Selain itu kalori juga bisa menyebabkan kegemukan.

  1. Sering memakan gorengan

Gorengan memang merupakan jenis makanan yang sangat sering ditemui sehari-hari. Akan cukup sulit rasanya jika sehari saja tidak memakan gorengan. Gorengan bisa digunakan sebagai camilan atau lauk makan. Namun tahukah Anda ? gorengan merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit kencing manis. Kandungan lemak yang terlalu tinggi di dalam gorengan bisa menyebabkan kadar glukosa yang tidak stabil dalam tubuh. Selain itu terlalu banyak memakan gorengan juga menjadi penyebab penyakit degeneratif lainya dalam tubuh seperti kardiovaskular dan stroke. Makanan yang tinggi lemak dan rendah serat seperti gorengan dapat menyebabkan terjadinya dislipidemia. Dislipidemia merupakan kelainan sistem metabolisme lipid yang menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol jahat, penurunan kolesterol baik dalam darah dan peningkatan kadar kolesterol secara total.

  1. Sering begadang dan kurang tidur

Kualitas tidur yang dimiliki juga akan sangat mempengaruhi metabolisme tubuh. Jika kualitas tidur Anda terganggu maka sistem metabolisme tubuh juga akan ikut terganggu. Manusia normal dianjurkan untuk tidur tidak kurang dari 6 jam sehari atau lebih baik 8 jam dalam sehari. Sebuah riset menyatakan bahwa manusia yang kurang tidur selama 3 hari berturut-turut, kemampuan sistem metabolisme tubuhnya akan menurun dalam memproses glukosa. Dengan demikian resiko terserang penyakit kencing manis pun semakin meningkat. Selain itu mereka yang kurang tidur nafsu makannya akan bertambah karena terpicu dari hormon yang ada di dalamnya tubuh. Mereka akan cenderung mengkonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi.

  1. Malas berolahraga dan beraktifitas secara fisik

Kalori yang ada di dalam tubuh akan terbakar jika Anda berolahraga dan melakukan aktifitas fisik. Lalu jika Anda malas berolahraga, bagaimana kalori yang ada di dalam tubuh akan terbakar ? Badan kesehatan dunia mengatakan bahwa resiko penyakit diabetes di Asia akan meningkat sebanyak 90% dalam 10 tahun kedepan. Hal ini dikarenakan malasnya untuk beraktifitas secara fisik. Mereka lebih memilih naik kendaraan bermotor dibandingkan dengan berjalan kaki. Kemajuan teknologi memang sangat mempengaruhi hal ini. Kemajuan teknologi membuat orang dapat melakukan berbagai aktifitas dari rumah menggunakan gadgetnya tanpa perlu bergerak keluar.

Mengatasi Penyakit Kencing Manis

Ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit kencing manis. Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yang berasal dari alam. Bahan- bahan alami tersebut akan membantu Anda untuk menurunkan kadar gula darah secara perlahan dan mencegah terjadinya komplikasi yang berbahaya. Berikut ini adalah berberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan:

  1. Buah mengkudu

Buah mengkudu merupakan salah satu buah-buahan yang rasanya kurang disukai. Namun demikian sebenarnya buah mengkudu memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mengatasi penyakit kencing manis. Buah mengkudu dapat membantu tubuh untuk meningkatkan reseptor insulin. Ambil 2 buah mengkudu yang sudah matang, lalu parut. Masukkan parutan buah mengkudu ke dalam kain, lalu peras dan ambil airnya. Minum air perasan buah mengkudu tersebut secara rutin setiap harinya untuk membantu menormalkan kadar gula darah secara perlahan.

  1. Biji jamblang

Anda juga bisa menggunakan biji jamblang untuk membantu menormalkan kadar gula darah. Sediakan 13 biji jamblang, lalu tumbuk hingga benar-benar halus secara merata. Masukkan tumbukkan biji jamblang ke dalam tempat rebusan lalu tambahkan 2 gelas air. Rebus biji jamblang hingga airnya berkurang sebanyak 50% atau kira-kira tinggal tersisa 1 gelas. Tunggu hingga sedikit hangat dan minum. Sebaiknya Anda mengkonsumsi air biji jamblang ini sebanyak 3 kali sehari yaitu pada pagi, siang dan malam hari.

Sebenarnya jika Anda ingin mengatasi penyakit kencing manis. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga pola hidup sehat. Makan teratur sebanyak 3 kali sehari, tidur yang cukup dan rajin berolahraga. Anda juga harus mengurangi konsumsi makanan tidak sehat seperti gorengan dan makanan berlemak tinggi lainnya. Konsumsilah makanan yang sehat dan mengandung banyak serat seperti sayur dan buah-buahan. Jika Anda menjaga pola makan, pola tidur dan pola hidup sehat secara keseluruhan maka Anda akan terhindar dari penyakit kencing manis. Kunjungi websitenya di http://diabetes-melitus.net/daniel/

012 Post-Ender

Mohon Isi Nama Panggilan Anda

Mohon Isi Email Anda